Friday, October 10, 2008

Gratis! Akses Internet Lewat Wimax Lokal

 Bagaimana rasanya mengakses internet dengan koneksi broadband nirkabel supercepat Wimax secara gratis? Coba saja sendiri kedahsyatan mulai Oktober nanti.

Menurut Ketua Tim Penyelenggaraan Broadband Wireless Access (BWA), Suhono Harso Supangkat, pemerintah bakal membuka akses internet untuk publik sembari menguji coba teknologi Wimax lokal selama tiga bulan berturut-turut mulai 15 Oktober hingga akhir 2008 nanti.

Namun sayangnya, baru publik Bandung yang beruntung bisa mencoba koneksi supercepat itu. "Kami akan memasang sepuluh hingga dua puluh titik pemancar Wimax di seluruh Bandung," kata Suhono kepada detikINET dan satu media lainnya di Pacific Place, Jakarta, Rabu malam (24/9/2008).

Dalam uji coba ini pemerintah menggunakan perangkat dua penyedia Wimax lokal, yaitu PT Hariff dan PT Indonesian Tower melalui Technology Research Group (TRG)-nya. Menurut Suhono, upaya ini merupakan langkah nyata inisiatif pemerintah dalam mendukung dan mengembangkan konten lokal.

"Uji coba Wimax lokal ini selain untuk mencari tahu kelebihan teknologi tersebut tapi juga untuk mencari kelemahannya supaya bisa segera diperbaiki. Semua pihak boleh memberikan saran maupun mengkritisi," ujar Suhono yang juga merangkap sebagai Staf Khusus Menkominfo.

Untuk menghantarkan akses Wimax ini sehingga terbuka bagi publik, pemerintah menggandeng Telkom sebagai operator yang telah mengantongi izin penyelenggaraan layanan nirkabel pita lebar di frekuensi 3,3 GHz.

1 comment:

Pengusaha Muda said...

kata gratis emang selalu menarik... tapi jangan sering-sering yah... bukan apa-apa, kalo terlalu sering bisa bikin orang kayak saya bisa terganggu usahanya... kebetulan usaha saya adalah usaha jualan pulsa...